Kamis, 28 Januari 2010

RTRW Kota Malang (Fungsi dan Peran Wilayah Kota)

Penetapan fungsi dan peran wilayah ini diperlukan untuk menetapkan skala dan spesifikasi kegiatan yang menonjolkan/dominan untuk dikembangkan di Kota Malang. Dalam lingkup yang luas yakni dalam skala Nasional, Propinsi Jawa Timur yang merupakan bagian dari Wilayah Pembangunan Utama C dengan pusat pembangunan di Kota Surabaya.
Peninjauan dalam lingkup Propinsi Jawa Timur, menunjukkan bahwa secara spatial beberapa kota utama di Jawa Timur memiliki pengembangan yang cukup tinggi sehingga kota tersebut difungsikan sebagai pusat SWP dalam lingkup Propinsi Jawa Timur. Kota-kota yang dimaksud adalah Kota Surabaya, Tuban, Probolinggo, Banyuwangi, Jember, Malang, Kediri, Madiun dan Sumenep. Kota-kota ini diharapkan akan mampu memberikan penjalaran pengembangan bagi wilayah sekitarnya, sehingga pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan akan dapat tercapai.
Peninjauan lebih lanjut terhadap posisi dan keberadaan Kota Malang, ternyata menunjukkan bahwa wilayah Kota Malang merupakan pusat pengembangan bagi Satuan Wilayah Pengembangan Malang-Pasuruan. Berdasarkan hal ini maka dapat dikatakan bahwa Kota Malang merupakan wilayah inti bagi perkembangan wilayah di Jawa Timur, khususnya untuk wilayah Malang-Pasuruan. Untuk mencapai hasil pembangunan yang lebih efisien dan efektif, maka tentunya setiap wilayah memiliki spesifikasi kegiatan yang saling menunjang dan saling melengkapi. Sesuai dengan lokasi, orientasi dan perannya dalam lingkup regional, maupun internal Kota Malang, maka fungsi dan peran Kota Malang adalah sebagai berikut :
 Sebagai pusat pemerintahan Kota dan Pembantu Gebenur. Kota Malang sebagai kota besar dulunya merupakan pusat pemerintahan residen (sekarang pembantu gebenur), maka keberadaan pusat pemerintahan ini juga harus ditunjang oleh fasilitas perkantoran yang lengkap dan memadai. Oleh sebab itu keberadaan pusat perkantoran yang ada sebaiknya tetap dipertahankan, dan pengembangan berikutnya disarankan mengikuti bentuk (design) kantor yang sudah ada saat ini. Hal ini akan memberikan ciri khusus tentang bentuk dan penampilan perkantoran di Kota Malang.
 Sebagai pusat perdagangan skala regional. Seiring dengan perkembangan kota dan fungsi yang diemban Kota Malang, maka perkembangan perdagangan di Kota Malang dapat ditingkatkan, akan tetapi perlu ditunjang oleh keberadaan pusat perdagangan baru, supaya kegiatan yang sudah ada tidak bertumpu pada satu pusat pelayanan.
 Sebagai pusat pelayanan umum skala regional. Dalam kapasitasnya sebagai pusat SWP, maka fasilitas yang ada di Kota Malang, secara keseluruhan akan mampu memberikan pelayananan pada tingkat regional. Hal ini perlu dipertahankan dan bahkan ditingkatkan mengingat peran Kota Malang pada masa yang akan datang akan lebih penting lagi dalam meningkatkan dan menumbuhkan wilayah sekitarnya.
 Sebagai pusat pendidikan skala nasional. Sesuai dengan konsep Tri Bina Cita, dimana salah satunya adalah sebagai pusat pendidikan, maka keberadaan pendidikan tinggi dan menengah di Kota Malang ternyata sudah mempunyai tingkat pelayanan sampai tingkat nasional. Dengan demikian maka Tri Bina Cita Kota Malang sebagai kota pendidikan tinggi perlu disediakan lokasi khusus terutama pada wilayah yang diprioritaskan untuk pengembangan pendidikan.
 Sebagai pusat pengolahan bahan baku dan kegiatan industri. Lokasi Kota Malang yang relatif sentris terhadap wilayah sekitarnya menjadikan Malang sebagai pusat pelayanan jasa distribusi untuk mengelolah lebih lanjut dari berbagai bahan baku yang ada. Dengan demikian maka peran sektor industri ini pada masa yang akan datang akan lebih dominan. Untuk itu juga perlu disediakan lokasi khusus untuk pengembangan industri ini.
 Sebagai pusat pertumbuhan bagi wilayah sekitarnya. Sebagai pusat pelayanan sosial ekonomi, maka Kota Malang diharapkan juga akan mampu untuk terus berperan dalam menumbuhkan potensi ekonomi melalui sistem pusat pelayanan dan pengolahan bagi berbagai bahan baku untuk wilayah sekitarnya.
 Sebagai pusat pelayanan kesehatan skala regional. Kota Malang ternyata juga memiliki berbagai fasilitas kesehatan yang memadai sehingga akan tetap mampu melayani berbagai keperluan masyarakat sekitar Kota Malang. Hal ini juga ditunjang oleh keberadaan Universitas Brawijaya dan Universitas Muhamadiyah yang memiliki Fakultas Kedokteran sehingga dapat dicapai kondisi yang saling menguntungkan dengan program pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
 Sebagai pusat transportasi dalam skala regional. Kota Malang sebagai kota orde ke II, sudah tentu akan menjadi asal dan tujuan pergerakan reional, sehingga peran pelayanan transportasi akan sangat menunjang perkembangan Kota Malang akan sangat membantu dalam perkembangan Kota Malang.
 Sebagai pusat militer. Di Kota Malang juga terdapat pusat militer yang sangat berperan dalam peningkatan stabilitas hankam dalam skala kota maupun regional.
 Sebagai pusat pelayanan pariwisata. Kota Malang memiliki beberapa objek wisata, akan tetapi perkembangan wisatanya sendiri lebih ditunjang oleh lokasi geogarfis Kota Malang yang terletak diantara pegunungan dan pantai, menjadikan Kota Malang sebagai kawasan yan sentris terhadap pelayanan pariwisata. Kota Malang sendiri lebih banyak menyediakan prasarana penunjang pariwisata, sedangkan lokasi obyek wisatanya sendiri sebagian besar berada diluar wilayah kota seperti di Batu, Selorejo, Balekambang, Sendang Biru dan sebagainya.

1 komentar:

Halaman