A. LATAR BELAKANG
Berdasarkan katalog FMIPA UM jurusan Geografi tahun 2006, semua mahasiswa jurusan geografi wajib mengikuti praktek lapangann sebanyak 3 kali, yang masing – masing setara dengan 1 sks dan harus ditempuh secara berurutan. Praktek lapangan tersebut terdiri atas KKL 1 ( pengenalan bentang geografi ), KKL 2 ( identifikasi dan pengukuran fenomena geografi ), KKL 3 ( penelitian tentang fenomena geografi atau pembelajaran geografi suatu sekolah ), KKL tersebut digunakan untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan geografi FMIPA UM. Tujuan yang dimaksudkan adalah mennghasilkan sarjana geografi yang kompeten dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran geografi dengn mengaplikasikan model – model pembelajaran dan media pembelajaran yang inofatif, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
KKL II mahasiswa angkatan 2007 dilakasanakan di Pulau Bali yang wilayah observasinya meliputi Banyu Wedang, Tanah Lot, Uluwatu, GWK, Ubud dan Kintamani. Wilayah observasi tersebut mempunyai ke khasan secara geografis. Misalnya, seperti Banyu Wedang, wilayah ini mempunyai sumber mata air panas yang bisa digunakan sebagai penyembuh penyakit kulit, selain itu disana juga masih asri dengan hutan bakaunya. Di Tanah Lot dan Uluwatu bisa di pelajari mengenai abrasi pantainya. Untuk di GWK kita bisa pratikum mengenai jenis-jenis tanahnya. Di Ubud, banyak fenomena geografi sosial (misalnya pengrajin emas, perak,dll) yang dapat dipelajari. Sedangkan Untuk Wilayah Kintamani, dapat dipelajari mengenai proses letusan gunung Batur serta terjadinya danau Batur.
B. TUJUAN
• Tujuan Umum :
1. Mempelajari proses – proses geologi dan geomorfologi baik tenaga eksogen maupun endogen di Wilayah Banyu Wedang, Tanah Lot, Uluwatu, dan Kintamani.
2. Menganalisis jenis tanah serta batuan yang ada di wilayah-wilayah tersebut.
3. Mempelajari dan menganalisis jenis vegetasi serta pemanfaatan lahan di wilayah Bali.
4. Mempelajari karakteristik gunung Batur serta proses terjadinya Danau Batur.
5. Mempelajari kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat Bali, terutama di Wilayah Ubud.


• Tujuan Khusus :
1. Melakukan observasi alam dan sosial sesuai dengan kegaiatan penempuhan Mata Kuliah KKL2 Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang.

C. MANFAAT
• Umum
Mahasiswa jurusan Geografi dapat mengetahui dan mengenal aspek-aspek kajian geografi yang meliputi bentang alam ( geologi , geomorfologi , vulkanologi , ilmu tanah , dan hidrorologi ) dan bentang budaya ( kondisi sosial ekonomi dan pola permukiman penduduk) yang ada wilayah Bali khususnya Banyuwedang, Tanah Lot, Uluwatu, GWK, Ubud dan Kintamani.
• Khusus
Mahasiswa jurusan Geografi dapat melakukan observasi alam dan sosial sesuai dengan kegaiatan penempuhan Mata Kuliah KKL II Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang.
D. CAKUPAN KEGIATAN
1. Observasi wilayah Banyu Wedang (pratikum tanah, pengamatan batuan serta vegetasi)
2. Observasi abrasi pantai di wilayah Tanah Lot
3. Observasi abrasi serta proses terjadinya wilayah Uluwatu
4. Observasi dan Pengukuran di wilayah GWK
5. Wawancara dan Pengamatan penduduk mengenai sentra unggulan produksi di Wilayah Ubud.
6. Observasi dan pengukuran di Kintamani