Kamis, 07 Januari 2010

Kintamani

Kintamani, yang terletak di kabupaten Bangli, merupakan salah satu tempat wisata favorit pilihan wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Umumnya di hampir semua travel agent atau tour operator di Bali, Kintamani masuk dalam itinerary (rute perjalanan wisata) setelah mengunjungi Batu Bulan (Tari Barong), kawasan wisata Ubud atau Sukawati sebagai pusat perbelanjaan.
Kintamani menawarkan suasana perbukitan yang segar dengan suhu udara sekitar 18 derajat celcius, mirip seperti udara di Bedugul. Daya tarik utama dari kawasan Kintamani adalah pemandangan Gunung dan Danau Batur. Gunung Batur merupakan gunung yang masih berstatus aktif dan tertinggi kedua setelah gunung Agung di Besakih. Suasana terbaik adalah ketika menikmati hidangan santap siang sambil menikmati keindahan danau dan gunung ini yang menyemburkan asap bersahabat.

Gunung Batur yang memiliki nama lain Batoer atau Bator terletak di 08°14,5' Lintang Selatan dan 115°22,5' Bujur Timur (Atlas Trop. Ned., 1938, sheet 22) serta memiliki letak administrative di wilayah Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Propinsi Bali. Gunung Batur terletak pada ketinggian 1717 m dpl 686 m diatas muka Danau Batur (M.N.V.Padang, 1951)1267 m dari kota Bangli. Kota terdekat adalah Bangli, 23 km, selatan G. Batur. Gunung Batur ini termasuk dalam tipe gunung api strato di dalam kaldera dimana terdapat pos pengamatan yang terletak di Desa Panelokan, Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Posisi geografi 08o17,27’Lintang Selatan 115o22,72’ Bujur Timur dengan Ketinggian 1290 m di atas muka laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman