Selasa, 02 Februari 2010

RTRW Kota Malang (Rencana Struktur Pelayanan Kota Malang)

Struktur pelayanan Kota Malang direncanakan sesuai dengan penempatan kegiatan fungsional Kota Malang yaitu sebelumnya dengan menetapkan pusat kota dan Bagian Wilayah Kota (BWK). Pusat kota dan BWK ini didalam pengembangan Kota Malang ditetapkan sebagai berikut :
 Pusat Kota Malang diarahkan masih berada di pusat kota yang ada saat ini yaitu di sekitar alun-alun.
 BWK Malang Tengah, meliputi wilayah Kecamatan Klojen dibagi menjadi 3 (tiga) Sub Bagian Wilayah Kota. BWK Malang Tengah diarahkan sebagai pusat pelayanan BWK Malang Tengah sekaligus sebagai pusat pelayanan Kota Malang terutama berada di Kelurahan Sukoharjo, Kiduldalem, Kauman dan sekitarnya.
 BWK Malang Timur Laut, meliputi wilayah Kecamatan Blimbing, dibagi menjadi 7 (tujuh) Sub Bagian Wilayah Kota. Pusat pelayanan BWK diarahkan di Kelurahan Blimbing terutama di Pasar Blimbing dan sekitarnya.
 BWK Malang Tenggara, meliputi wilayah Kecamatan Kedungkandang, dibagi menjadi 4 (empat) Sub Bagian Wilayah Kota. Pusat pelayanan BWK diarahkan di Buring dan sekitarnya.
 BWK Malang Barat Daya, meliputi wilayah Kecamatan Sukun, dibagi menjadi 3 (tiga) Sub Bagian Wilayah Kota dengan pusat BWK sekaligus sebagai pusat Sub BWK berada di Desa Mulyorejo dan sekitarnya.
 BWK Malang Barat Laut, meliputi wilayah Kecamatan Lowokwaru dibagi menjadi 2 (dua) Sub Bagian Wilayah Kota dengan pusat BWK diarahkan di Kelurahan Dinoyo dan sekitarnya.
Untuk tingkat pelayanan yang ada di Kota Malang berdasarkan pada Bagian Wilayah Kota diarahkan sebagain berikut :
 BWK Malang Tengah (Kecamatan Klojen) memiliki kegiatan dominan seperti perdagangan, jasa, pemerintahan/perkantoran. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut maka BWK ini diarahkan tingkat pelayanannya kota sampai tingkat regional.
 Pada BWK Malang Barat Daya (Kecamatan Sukun) dengan adanya kegiatan yang menonjol seperti kegiatan perdagangan skala kota, Pasar Induk Gadang, industri dan pergudangan, perumahan, diarahkan tingkat pelayanannya skala kota dan regional.
 Pada BWK Malang Timur Laut (Kecamatan Blimbing) terdapatnya kegiatan industri kecil dan menengah namun memiliki keterjangkauan yang besar, pasar skala BWK dan adanya transportasi berupa terminal antar kota (Arjosari) menjadikan BWK ini diarahkan tingkat pelayanannya skala pelayanan BWK sampai dengan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman