Jumat, 12 Maret 2010

Asia Realm

Gambaran Benua Asia Secara Umum
Asia adalah regional atau benua terluas dan terkenal, tergantung dari apa batasannya. Secara tradisional batasannya adalah bagian dari massa benua yang terbentang dari Afrika - Euraisa terletak ditimur Terusan Suez, pegunungan Ural dan selatan dari Pegunungan Caucasus dan Laut Kaspia serta Laut Hitam. Sekitar 60% penduduk dunia tinggal di Asia, yang mana 2% diantaranya menempati bagian utara dan separo bagian pedalaman seperti (Siberia, Mongolia, Kazakhstan, Xinjiang, Tibet, Qinghai, bagian barat Uzbekistan dan Turkmenistan); yang 98% tinggal diseparo sisa lainnya.
Benua Asia merupakan benua terbesar dengan populasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Lihat pula Eurasia
Asal usul kata (etymology): Kata "Asia" masuk kedalam bahasa Inggris, melalui bahasa Latin, dari Yunani Kuno Ασία (Asia; lihat juga daftar nama nama tempat tradisional Yunani). Nama ini pertama kali dicobadi Herodotus (pada 440 sebelum masehi), dimana mengacu pada Asia Kecil; atau, dengan maksud menggambarkan Perang Persia, kepada Kerajaan Persia sebagai musuh Yunani dan Mesir. Meski sebelum Herodotus, Homer mengetahui celah Troya bernama Asios, anak laki laki Hyrtacus, penguasa atas beberapa kota, dan dimana dia menggambarkan rawa rawa sebagai "ασιος" (ilias 2, 461). Istilah Yunani yang diturunkan dari Assuwa, suatu konfiderasi negara negara di Anatolia Barat pada abad ke 14 sebelum masehi. Hittite assu - "Bagus" kemungkinan adalah bagian dari nama itu.
Selain itu, pokok asal usul kata dari istilah itu kemungkinan dari kata Akkardian (w)aṣû(m), sekeluarga Yahudi יצא, yang berarti "keluar" atau "naik", mengacu ke arah matahari pada saat fajar (matahari terbit) di Timur Tengah, dan juga nampaknya berhubungan dengan kata Phoenician asa yang berarti timur. In kontras mungkin dengan asal usul kata yang diusulkan Eropah, dari bahasa Arab dan Parsi erēbu "masuk" atau "terbenam" (bagi matahari). Meskipun begitu, asal usul pengharapan Mesoppotamia atau Timur Tengah tak akan menjelaskan bagaimana istilah "Asia" pertama datang yang dipadukan dengan Anatolia sebagai tinggal dibarat dari bahasa daerah Arab Persia.

A. Keunikan Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terbesar dengan populasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Sebagai benua terluas di bumi Asia mempunyai luas sekitar 43.998.920 Km2. di tahun 1990an jumlah penduduk asia sekitar lebih dari 3.4 miliar jiwa.
Pembagian Benua Asia berdasarkan realm:
1. Realm Asia Tenggara
Terdiri dari Malaysia, Indonesia, Singapura, Brunei, Laos, Kampuchea, Thailand, Filipina, Myanmar, Vietnam dan Timor leste.
2. Realm Asia Timur
Terdiri dari China, Jepang, Korea Utara , Korea Selatan , Taiwan dan Mongolia.
3. Realm Asia Selatan
Terdiri dari India, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Bhutan dan Maldeva.
4. Realm Asia Barat Daya/ Afrika Utara
Asia Barat Daya terdiri dari Cyprus, Lebanon, Israel, Syiria, Iraq, Iran, Afganistan, Kuwait, Saudi Arabia, Oman, UEA, Turki, Yaman, Jordan, Palestina, Qatar, Afrika utara terdiri dari mesir, Nigeria, Tunisia, Marocco, Sudan dan Libya.

B.Letak Benua Asia.
• Secara Astronomis benua asia terletak pada 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.
• Secara geografis Asia terletak antara Benua Eropa dan Benua Australia serta di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktic.
• Secara geologis Asia menyatu dengan Benua Eropa yang sering disebut Eurasia.


C. Batas-batas wilayah benua Asia;
1. Utara : Samudera Arktik dan Selat Bering,
2. Timur : Samudera Pasifik,
3. Selatan : Samudera Hindia,
4. Barat : Laut Tengah dan Laut Merah

D. Bentang Alam
Relief Asia bergunung-gunung yang tertinggi adalah Pegunungan Himalaya dengan puncaknya yaitu Mount Everest 8848 M, yang juga merupakan puncak tertinggi di bumi. Semakin ke timur dan tenggara pegunungan Himalaya semakin landai. Di arah barat reliefnya semakin melandai membentuk plato-plato di kawasan Iran dan Turki. Kemudian terdapat pegunungan yang terpisah di antaranya yaitu: Jazirah Arab yaitu sepanjang laut merah Teluk Aden, Pegunungan di selatan yaitu pegunungan Dekkan, Pegungan di Sri Langka, Di Indonesia, dan lain-lain. Kemudian daratan rendah terdapat di daerah sekitar atau pinggir aliran sungai-sungai besar seperti S. Huang HO dan Hindust serta di daerah Indocina dan semenanjung malaka. Adapun daerah Depresi atau tanah yang turun antara lain: D. Kaspia, Aral, Laut Baikal. Sungai besarnya antara lain: S. Yang Tse, Mekong, Huang HO, Amor, S. Brahma Putra, dan S. Indush.

E. Iklim.
Berbagai jenis iklim di asia:
1. Iklim Khatulistiwa
• Kawasan meliputi: Malaysia, Sumatera, Kalimantan, Singapura dan Brunei.
• Ciri-ciri: panas dan lembab sepanjang tahun, suhu kira-kira 27°C, julat suhu tahunan kecil, hujan tahunan 2030 mm
2. Iklim Monsun Tropika
• Kawasan meliputi: Utara Thailand, Myanmar, Laos. Kemboja, Utara Filipina, Bangladesh, India dan Pakistan.
• Ciri-ciri: panas dan lembab dengan satu musim kering yang nyata, min suhu musim panas 27°C dan min suhu musim dingin ialah 21°C, julat suhu tahunan 3-8°C, hujan tahunan 1000-2000 mm.
3. Gurun panas
• Kawasan meliputi: Gurun Arab, Gurun Iran, Gurun Thar dan Gurun Sahara.
• Ciri-ciri: panas dan kering, suhu melebihi 32°C pada musim panas, suhu kira-kira 16°C pada musim sejuk, julat suhu tahunan tinggi, hujan tahunan kurang 250 mm.
4. Iklim Mediterranean
• Kawasan meliputi: Israel, Lubnan dan pantai barat Syria.
• Ciri-ciri: musim panas sederhana panas iaitu 21 - 29°C, musim dinginnya sederhana sejuk dan lembab antara 10 - 15°C, hujan tahunan antara 500-760 mm.
5. Iklim Steppa
• Kawasan meliputi: Siberia Selatan, Utara China dan Mongolia
• Ciri-ciri : musim sejuk yang melampau, musim panas sederhana panas iaitu 21°C, julat suhu tahunan amat besar, hujan tahunan di antara 260-760 mm, hujan maksimum turun pada musim panas.
6. Iklim jenis China
• Kawasan meliputi: China Tengah, Jepun Selatan, Korea Selatan dan selatan Taiwan.
• Ciri-ciri: musim panas yang panas dan lembab, musim sejuk yang sejuk dan kering, suhu musim panas 27°C, suhu musim sejuk kira-kira 5°C, julat suhu adalah besar, hujan kira-kira 1000 mm.
7. Iklim jenis Siberia
• Kawasan meliputi: Sebahagian besar kawasan Siberia.
• Ciri-ciri: musim dingin yang panjang dan sejuk, musim panas yamg pendek dan dingin, suhu musim panas kira-kira 27°C, suhu musim sejuk 5°C, julat suhu tahunan adalah besar, hujan tahunan kira-kira 500 mm dan turun sepanjang tahun.
8. Iklim jenis Laurentia
• Kawasan meliputi: Kawasan pantai timur benua Asia, China Utara, Jepun Utara dan Korea Utara.
• Ciri-ciri: musim dingin yang sejuk dan kering, musim panas adalah panas tetapi singkat, suhu musim sejuk mencapai takat beku, salju turun dalam musim dingin, hujan tahunan kira-kira 550-900 mm.
9. Iklim Tundra
• Kawasan meliputi: Pantai Siberia Utara
• Ciri-ciri: musim panas yang pendek, musim sejuk yang panjang, min suhu musim panas kira-kikra 10°C, min suhu musim dingin -18°C

F. Keadaan Penduduk.
Pada tahun 1998 diperkirakan jumlah penduduk Asia sebesar 3.604.000.000 jiwa. Penduduk Asia terdiri dari berbagai tipe ras yang telah bercampur baur sehingga menimbulkan Asimilasi. Ras yang ada di Asia antara lain:
• Asia Timur dan Tenggara : Termasuk ras Mongoloid dan ras Melayu.
• Asia Utara dan Tengah : Mayoritas termasuk ras Kaukasoid.
• asia Selatan bagian selatan : Mayoritas ras Kaukasoid dan Negroid.
• Asia Kecil dan Barat : Mayoritas ras Europoid dan Negroid.
• Asia Barat bagian selatan : Mayoritas ras Negroid.
Kepadatan di Benua Asia tidak merata, tergantung dengan dimana tempat tersebut. Pada umumnya tempat yang paling padat adalah daerah lembah sungai dan daerah pantai.
Aktivitas penduduk sebagian besar bermata pencaharian di bidang Agraris dan Pertambangan. Hanya beberapa Negara saja yang Industrinya telah berkembang, misalnya Jepang, Korea Selatan, dan Singapura. Pertambangan minyak bumi banyak dihasilkan di Timur tengah, Indonesia, dan Brunei Darusallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman