Jumat, 25 Maret 2011

Kualitas Realm Amerika utara

Realm Amerika Utara memiliki kualitas yang membedakan realm ini dengan realm – realm lainnya di dunia. Adapun kualitas dari realm Amerika Utara yaitu:
•Amerika Utara telah mengalami proses tingkat urbanisasi yang tertinggi di antara realm-realm di dunia yang ditandai dengan simbol adanya pencakar langit yang menghiasi pemandangan di kota New York, Toronto atau Chicago.
•Negara-negara di realm Amerika Utara menduduki ranking tertinggi sebagai Negara maju di dunia yang diukur berdasarkan pembangunan nasionalnya yakni memiliki standar hidup di dunia yang tertinggi.
•Amerika Utara meliputi dua wilayah terbesar di dunia (Kanada terbesar kedua, Amerika Serikat terbesar ketiga)
•Keduanya baik Kanada maupun Amerika Serikat adalah negara Federal tetapi sistemnya berbeda. Kanada mengadopsi sistem parlementer dari Inggris dan dibagi dalam 10 propinsi teritorial dan 3 teritorial. Amerika Serikat pemisah eksekutif dan legeslatif cabang pemerintah dan terdiri dari 50 negara bagian, persemakmuran Puerto Rico, sejumlah wilayah kepulauan di laut Karibia dan Samudra Pasifik.
•Keduanya baik Kanada maupun Amerika Serikat memiliki masyarakat majemuk. Meskipun kepentingan etnik makin bertambah. Kemajemukan Kanada sangat kuat di wilayah dengan dua bahasa.
•Sejumlah besar kota berbahasa Perancis Quebec mendukung pergerakan yang terlihat kemerdekan untuk propinsi. Pergerakan High-Water menunjukkan reaksi di referendum 1995 dimana orang yang tidak berbahasa Prancis saat mengalahkan pemisah perbedaan. Prospek untuk bangkitnya kebebasan Kanada telah dikurangi secara signifikan tahun 2000.
•Populasi Amerika Utara besar, dimana urbanisasi dan mobilitas orang di dunia sangat tinggi. Sebagian besar didorong oleh lanjutan gelombang imigrasi, populasi total realm ini dijangkakan tumbuh lebih dari 40% pada setengah abad yang akan datang.
•Dari segi standar dunia, realm Amerika Utara merupakan realm yang kaya dimana pendapatan tinggi dan konsumsi rata-rata yang tinggi pula.
•Amerika Utara adalah salah satu komplek industri terbesar di dunia. Generasi industri realm tidak sebanding dengan pertumbuhan kota, tetapi sosial dan ekonomi industri baru dengan cepat tumbuh di kedua negara itu.
•Amerika Utara adalah pergerakan manusia terbesar di dunia. Meskipun digoda dengan masalah kesesakan berulang-ulang, jaringan jalan realm, jalur penerbangan komersial, potongan telekomunikasilah yang paling efisien di bumi ini.



Sumber: Tugas kuliah Novia N. & Elok T. (Geografi UM '07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman