Minggu, 27 Maret 2011

Fisiografi Realm Amerika utara


Karakterisik fisiografi Amerika Utara dapat nampak sedemikian jelas. Pembagiannya didefinisikan berdasarkan wilayah fisik yang homogeny yang disebut Provinsi Fisiografi. Setiap wilayah ini ditandai berdasar derajat tertentu dari tingkat keseragaman dari keadaan tanah, vegetasi, iklim, dan kondisi-kondisi lingkungan alam lain yang menghasilkan suatu pemandangan sama dalam ingatan kita. Sebagai contoh kita dapat mengidentifikasi setiap wilayah tersebut bila kita merujuk pada isilah “Rocky Mountain, Great Plain, dan Appalachian Highland” walaupun tidak semua provinsi Fisiografi Amerika Utara ini dapat didefinisikan dengan mudah.
Aspek paling jelas dari propinsi fisiografi dipeta Amerika Utara adalah penjajaran arah membujur Utara-Selatan tulang punggung pegunungan besar Rocky Mountain dengan topografi kasar yang mendominasi bagian barat kontinen ini mulai dari Alaska sampai ke New Mexico. Kenampakan utama bagian Timur benua Amerika Utara sebagian besar merupakan rantai pegunungan yang disebut Appalachian Highland. Tanah tinggi ini juga cenderung membujur kearah Utara-Selatan yang membentang dari propinsi Atlantik Canada sampai Alabama. Arah Rocky Mountains dan Appalachian mempunyai peranan penting tidak seperti pegunungan Alpen, karena dengan arah ini kedua pegunungan ini bukan menjadi penghalang secara topografi bagi peredaran aliran massa udara tropis kearah kutub atau aliran udara dari kutub kearah selatan sehingga aliran massa udara ini sampai menembus ke wilayah pedalaman benua.
Diantara Rocky Mountain dan Appalachian terletak daerah dataran pedalaman Amerika yang sangat luas yang disebut Great Plain membentang dari delta Mackenzie di samudera Artik sampai kepantai Teluk Mexico. Dataran rendah pedalaman ini dibagi lagi menjadi beberapa propinsi yakni: (1) Great Cana Shield, yakni wilayah inti geologi mengandung batu bara tua di Amerika Utara, (2) Interior lowland ditutupi oleh sebagian tumpukan glacial yang dibawa oleh lelehan salju dan angin selama periode glacial akhir Conozoic dan (3) Great Plain ditutupi oleh sedimen yang bertambah luas kearah Barat sampai batas pegunungan Rocky. Di sepanjang pinggir Selatan dataran rendah pedalaman ini akan bergabung ke dalam dataran pantai teluk Atlantik yang membentang dari bagian selatan Texas sepanjang kerah pinggir laut Appalachia Highland dan Piedmont tetangganya sampai di ujung Long island New York.
Dibagian sisi barat Rocky Mountain terdapat zona basin antar pegunungan dan plateau, propinsi fisiografi wilayah ini meliputi: (1) plateau Colorado bagian selatan dengan ditutupi endapan sedimen tebal dan Grand Cayon Coloradonya yang terkenal, (2) Lava yang menutupi Columbia Utara yang merupakan bentuk tangkapan air sungai Columbia dan, (3) Basin sentral dan range Country (Great Basin) Nevada dan Utah meliputi beberapa daerah bekas danau yang terjadi pada periode glasial dan masih tersisa sampai saat ini yakni danau Great Salt. Propinsi ini disebut Intermountains karena posisinya terletak antara Rocky mountain di sebelah timurnya dan pegunungan pantai Pasifik di sebelah baratnya yang membentang dari semenanjung Alaska sampai ke California bagian selatan di pantai Amerika Utara bagian barat. Bagian ini didominasi oleh koridor yang tidak teputus dari rangkaian pegunungan tinggi yang berasal dari cabang pegunungan Amerika Utara dengan dataran rendah pasifik. Komponen utama jalur pegunungan pantai terdiri atas Serra Nevada California, Cascade of Oregon dan Washington serta serangkaian tanah tinggi massif dan panjang membentuk garis British Columbia sampai pantai selatan Alaska. Ketiga lembah yang luas merupakan tempat kediaman penduduk yang padat yaitu: lembah California Tengah (San Joaquin-Saeromento) yakni poger Lowland of Washington State membentang ke arah selatan memasuki lembah Willamette Oregon dan Lembah Lower Fraser yang memotong bagian selatan pegunungan British California Selatan.

Sumber: Tugas mata kuliah Geografi Regional Dunia (Geo UM Off. A '07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman