Senin, 28 Maret 2011

Kondisi Iklim Realm Amerika Utara


Keanekaragaman iklim dari wilayah amerika Utara sangat jelas digambarkan pada peta iklim dunia. Secara umum adanya variasi garis lintang menyebabkan adanya keanekaragaman temperature yakni semakin jauh ke arah utara maka iklim semakin dingin. Adanya perbedaan temperature antara darat dan laut secara lokal menyebabkan pola iklim secara global mengalami penyimpangan. Disebabkan permukaan daratan lebih cepat menerima panas atau lebih cepat menjadi dingin bila dibandingkan dengan sifat perairan. Perbedaan temperature tahunan semakin besar disebabkan sifat dari daratan luas (benua), karena presipitasinya pada umumnya semakin berkurang semakin ke arah barat, kecuali unuk daerah pantai selatan. Berkurangnya presipitasi ini karena dampak dari pengaruh bayangan hujan, hal ini disebabkan kelembaban udara yang berasal dari samudera pasifik yang dibawa oleh angin secara efektif dihalangi sampai ke pedalaman benua. Adanya penyebaran curah hujan yang tidak merata maka realm Amerika Utara ini dapat dibagi menjadi daerah kering (Amerika bagian Barat), dan daerah basah (Amerika Timur), walaupun ditandai oleh perbatasan yang kabur dan dipandang sebagai suau zone transisi.
Kriteria pemisahnya didasarkan pada rata-rata curah hujan tahunan sebesar 20 inci (50 cm) yang terlihat pada peta dengan menggunakan garis isohyets antara daerah Great plain yang kering sampai ke Teluk Mexico. Di sisi lain wilayah Amerika basah presipitasinya lebih teratur karena adanya angin barat (angin yang berhembus dari barat ke timur) secara normal mendatangkan kekeringan bagi zone barat pada garis bujur 100 derajad dan dipandang menggumpalkan uap air di dataran rendah pedalaman dan selanjutnya didistribusikan ke seluruh bagian timur Amerika Utara. Berkembanglah sejumlah angin badai besar di daerah ini merupakan keadaan cuaca yang aktivitasnya sangat inggi yang terjadi diantara pinggiran massa udara teluk Tropis yang terletak di selatan dan massa udara dingin Kutub yang ada di sebelah utara. Oleh sebab itu jika badai utama tidak mengalami materilasi, maka akan terjadi gangguan cuaca lokal disebabkan adanya perbedaan temperature yang menyolok yang menimbulkan malapetaka. Di daerah ini terjadi tornado di bagian Tengah Amerika Serikat setiap tahunnya. Pada musim dingin separuh bagian utara daerah ini menerima salju khususnya di sekitar Great Lake.
Di Canada tidak ada iklim basah hangat (kecuali di sepanjang pantai Pasifik yang sempit) dan ini menunjukkan iklim Canada termasuk iklim dingin. Di sisi timur pegunungan Rocky, iklim di Canada termasuk iklim sedang, meskipun demikian Canada bagian selatan merupakan bagian dari kondisi lingkungan yang termasuk bagian dari Upper Midwest wilayah Great Lake Amerika Serikat, sehingga produktivitas pertanian di propinsi Prairi dan Ontario sangat tinggi. Canada dikenal sebagai pengekspor bahan makanan utama (terutama gandum sebagaimana Amerika Serikat) meskipun masa musim pertumbuhannya lebih singkat.
Lingkungan luas yang membagi daerah basah dan daerah kering di Amerika juga dicerminkan dalam penyebaran realm tanah dan vegetasi untuk kepentingan usaha pertanian. Dalam hal ini biasanya kelembaban tanah mencukupi untuk mendukung kehidupan tanaman bahan makanan karena curah hujan tahunan melebihi nilai kritis yakni sebesar 20 inci. Bila nilai kritis ini tidak dicapai barangkali keadaan tanah masih subur (kecuali di Great Plain), tetapi masih dibutuhkan irigasi untuk mendapatkan nilai potensi pertanian secukupnya. Pembagian daerah basah dan kering di Amerika Utara ini lebih bersifat umum karena wilayah vegetasi alami menerima lebih dari 20 inci curah hujan rata-rata pertahun, bila iklim kering meningkat maka daerah tersebut akan ditutupi oleh padang rumput.

3 komentar:

  1. makasih komennya gan........:D

    BalasHapus
  2. apanih, dirapihin dong tulisannya, males baca. Ga ngerti kenapa ada di page 1 google

    BalasHapus
  3. apanih, dirapihin dong tulisannya, males baca. Ga ngerti kenapa ada di page 1 google

    BalasHapus

Halaman