Kamis, 21 Oktober 2010

Region Geografi Realm Rusia

Realm Rusia secara region dapat dibagi menjadi empat region, berikut merupakan penjelasan mengenai keempat region yang ada di Realm Rusia, yang meliputi:
1. Inti Rusia
Jantung dari realm Rusia adalah region ini. Sebagian besar dari populasi di Rusia terkonsentrasi pada region ini. Region ini merupakan pusat perkembangan dari realm Rusia. Pada region terdapat kota-kota utama di Rusia, Industri-industri besar, dan pertanian yang maju. Region ini luasnya mulai dari batas realm Rusia di sebelah barat sampai dengan pegunungan Ural yang merupakan batas sebelah timur dari region ini. Region ini dapat dibagi lagi menjadi lebih kecil menjadi beberapa region yaitu:
• Region Pusat industri
Region ini merupakan pusat industri di Rusia. Pada region ini terdapat kota-kota besar yaitu Moskow dan Saint Petersburg. Kedua kota ini merupakan kota termaju di Rusia. Moskow merupakan pusat pemerintahan bagi negara Rusia. Sedangkan Saint Petersburg merupakan pusat industri, pendidikan, dan budaya. Kota ini juga pernah menjadi pusat dari Realm Rusia ketika masa Peter Agung. Pada Region ini juga terdapat pelabuhan yang selalu hangat yang merupakan pelabuhan terpenting bagi Rusia yaitu Pelabuhan Munsmask.
• Region Volga
Region ini merupakan region yang dilintasi oleh sungai terpanjang di Rusia yaitu sungai Volga. Beberapa kota penting di Rusia berada di daerah aliran sungai Volga ini. Sungai volga sebagai sungai terpanjang di Rusia menjadi sarana transportasi yang penting bagi masyarakat Rusia terutama di sepanjang aliran Sungai Volga. Pentingnya Sungai Volga bagi bangsa Rusia sebab sungai ini mempunyai sejarah yang panjang yaitu pertama, pada perang dunia ke 2 sungai ini merupakan benteng bagi Rusia dari serangan tentara Jerman, kedua, setelah perang dunia kedua berakhir daerah sepanjang Sungai Volga ini merupakan penghasil terbesar minyak dan gas bumi bagi Rusia, ketiga, sungai Volga merupakan sarana transportasi pada jaman dahulu.
• Region Ural
Pegununga Ural berada di bagian timur dari region inti Rusia. Pada region ini terdapat banyak sumber daya alam berupa bahan tambang. Bahan tambang yang ada yaitu seperti batubara dan bahan tambang logam.

2. The Eastern Frontier
Region ini berada di bagian timur dari pegunungan Ural. Luas dari region ini adalah mulai dari timur Pegunungan Ural sampai dengan daerah hulu sungai Amur, dan dari Tyumen sampai dengan perbatasan Kazakhtan. Region ini mempunyai kepadatan penduduk yang lebih padat dan perkembangan yang lebih baik di bagian barat daripada bagian timur. Sepanjang danau Baykal, pemukiman mempunyai pola memanjang yang ditandai oleh rel kereta api yang memanjang dari timur ke barat. Region ini terbagi menjadi tiga sub region yang meliputi:
a. Basin Kuznetsk
Kurang lebih 900 mil timur dari pegunungan Ural region utama lain Rusia dalam bidang manufaktur yang mana dihasilkan oleh perencanaan pada periode komunis adalah daerah basin Kuznestk ini. Pada tahun 1930 an. Region ini dimulai dengan menyuplai bahan mentah (seperti batubara) ke Ural, tapi fungsinya tetap dikurangi pada kepentingan untuk memajukan industri lokal. Kualitas dari batubara yang tinggi sangat menguntungkan bagi region ini. Keuntungan tersebut dapat dilihat dengan tumbuhnya industri di wilayah ini yang kemudian menyebabkan daerah ini menjadi daerah pusat tujuan para urban. Kota yang paling maju terletak di luar region yaitu kota Novosibirk, dimana terletak di persimpangan dari jalur kereta Siberia dan sungai Ob. Kota lain pada region ini adalah kota Tomsk yang merupakan salah satu kota tertua di daratan Siberia, tiga abad sebelum kota Bolshevik tumbuh. Kota ketiga adalah kota Novokuznetsk yang berada di tenggara kota Novosibrik. Keutamaan dari kota ini adalah produksi logam bajanya.
b. Qaraghandy-Aqmola
Sub region Qaraghandi-Aqmola merupakan daerah yang berada di bagian selatan dari region eastern frontier. Sub region ini merupakan penghubung antara Rusia dan Kazakhstan. Daerah ini didominasi penduduk Kazakh dan para kaum muslim. Qaragandhy merupakan salah satu kota kecil Kazak, dimana menjadi pusat produksi baja dan besi. Sedangkan Aqmola muncul pada tahun 1950 an menjadi daerah administratif yang mana sama halnya dengan Qaraghandy memproduksi baja dan besi. Setelah Kazakhstan menjadi negara yang merdeka dari Uni Soviet menyebabkan warga keturunan Rusia menjadi warga kelas dua pada daerah ini. Secara geografi politik daerah ini memang berubah setelah kemerdekaan, namun bila ditinjau dari segi geografi ekonomi daerah ini masih masuk dalam region Eastern frontier.
c. Daerah Danau Baykal
Timur dari Kuzbas, berkembang menjadi lebih terisolir dan jarak menjadikan menjadi musuh terbesar. Utara dari Republik Tuva dan mulai timur dari sekitar Danau Baykal, pemukiman besar maupun kecil menggerombol sepanjang dua jalur rel kereta api sampai ke pantai pasifik. Bagian barat dari danau, adalah jalur dari hulu sungai Yenisey dan cabangnya. Beberapa bendungan dan proyek tenaga listrik yang melayani daerah di lembah dari sungai Angara, tepatnya yaitu kebutuhan dari kota Bratsk. Pertambangan, kehutanan, dan pertanian mendominasi kegiatan ekonomi disini. Bagian timur dari danau Baykal sangat terisolir. Pemukiman sangat sedikit daqn berjauhan, beberapa hanya merupakan perkemahan. Republik Buyat adalah bagian dari zone ini.

3. Region Siberia
Luas Siberia dari Pegunungan Ural sampai dengan Kamchatka Peninsula, sangat luas dan dingin itulah gambaran dari dataran Siberia. Luas dari Siberia hampir sama dengan United States tapi dalam masalah kehidupan, daerah ini hanya didiami sekitar 15 juta orang. Siberia dapat dijadikan gambaran secara umum dari lingkungan Rusia yaitu jarak yang luas, temperatur yang dingin yang dipengaruhi oleh angin dari Arktik, tanah lapang yang jarang, tanah yang kurang subur, dan kesulitan untuk bertahan hidup. Dengan kondisi yang sangat ekstrim tersebut, disisi lain Siberia sangat penting bagi Rusia. Siberia merupakan region yang kaya akan sumber daya alam. Mulai dari awal eksplorasi orang Rusia dan perjalanan Cossack, kata Siberia muncul dan terdengar sampai di barat oleh karena kekayaan seperti emas, intan, dan mineral yang berharga lainnya. Selain itu juga terdapat tambang logam seperti besi dan bauksit. Kekayaan lain yang ada di Siberia adalah besarnya kuantitas dari cadangan minyak dan gas alam, dimana sangat memberikan kontribusi yang besar bagi negara.
Bila dilihat dari peta fisiografi menunjukkan bahwa daerah Siberia ini dilewati oleh beberapa sungai besar yaitu Sungai OB, Sungai Yenisey, dan Sungai Lena yang mengalir melintasi Siberia menuju ke utara yaitu melewati daratan arktik sampai ke samudera arktik. Pada sungai-sungai ini dibangun pembangkit listri tenaga air yang menyuplai kebutuhan listri daerah sekitar.
Persebaran penduduk di daerah ini terpecah-pecah bahkan sebagian besar wilayah Siberia tidak berpenduduk. Pemukiman warga Rusia berkembang di sekitar daerah aliran sungai yaitu di sekitar Sungai Yenisey, dan di sekiar Sungai Lena yang didominasi oleh penduduk etnik Rusia.
Ditinjau dari segi politik, wilayah Siberia timur di tandai oleh identitas pertumbuhan dari Sakha (Republik Yakut). Ditambah dengan sumber daya alam yang tersedia disini, sangat penting bagi republik, pusat bagi pemerintahan Yakutsk.

4. Region Timur Jauh
Rusia mempunyai karakter dataran yang keras dan kasar terutama di bagian timur, meskipun begitu itu bukan halangan untuk pengembangan region timur jauh dari Rusia, dengan usaha yang intensif hal tersebut mungkin saja akan terwujud.
Region Rusia timur jauh bukanlah seperti taman di surga. Jaraknya yang dekat dengan samudra Pasifik tidak mempengaruhi terhadap kondisi iklim yang bervariasi di region ini. Region ini mengalami musim panas yang sebentar sama halnya dengan wilayah siberia. Region ini mempunyai topografi yang kasar dan alam liar yang luas. Dengan penduduk yang jarang. Kehutanan dan perikanan tidak terlalu dominan. Makanan laut masih menjadi produk yang unggul di region ini. Dari Vladivostok sampai dengan titik utara, armada nelayan Rusia mencari ikan. Daerah yang dijadikan sebagai tempat mencari ikan para nelayan Rusia meliputi daerah laut Okhost dan bagian utara dari Pasifik. Hewan laut yang dijadikan komoditi tangkapan nelayan Rusia adalah ikan salmon, herring, cod, dan mackerel yang kemudian dibekukan dan dipasarkan di barat.
Region timr jauh ini juga mempunyai sumber daya alam yang kaya seperti halnya di Siberia. Salah satu kekayaan tersebut adalah batubara yang berada di lembah sungai Bureya, dan tambang besi yang berada di dekat Komsomolsk. Selain itu juga terdapat timah yang berada di dekat Komsomolsk juga, dimana bahan tambang ini sangat penting bagi Rusia karena hanya terdapat di daerah ini saja.
Perkembangan kota-kota utama dan industri pada region ini berada di sepanjang sistem sungai Amur-Ussury, yaitu mulai dari Vladivostok di selatan sampai dengan Komsomolsk di utara. Dekat dengan pertemuan antara dua sungai di atas terdapat kota Khabarovsk. Di Khabarovsk terdapat industri logam dan mesin untuk memproses besi dan baja dari Komsomolsk, industri kimia sangat bergantung pada minyak Sakhalin, dan pabrik furnitur menggunakan area yang berada di daerah sekitar produksi kayu.

5. Transcaucasian Transition Zone (Zona Transisi Transkaukasian)
Diantara realm geografi Rusia dan Realm Asia barat daya dan Afrika Utara merupakan region dengan fisiografis yang sangat besar, sejarah dan budaya yang kompleks. Fisiografi daerah ini didominasi oleh Pegunungan Kaukasus, dimana dengan lembah yang dalam dan tidak terjamah. Bila dilihat dari sisi sejarah, daerah ini merupakan daerah perselisihan antara kaum muslim dan kristen, yaitu orang Rusia dan Turki, warga Armenia dan Persia. Secara budaya, region ini mempunyai banyak bahasa, agama, dan tradisi. Selain itu region ini merupakan region yang penuh dengan permasalahan terutama mengenai permasalahan agama dan pengelolaan sumber daya minyak bumi serta perebutan wilayah.
Transcaucasian transition zone terdiri dari tiga perpolitikan yaitu Georgia, Armenia, dan Azerbaijan. Ketiga negara ini merupakan bekas dari wilayah Uni Soviet. Berikut merupakan penjabaran mengenai ketiga diatas:
• Georgia
Dari ketiga negara yang berad pada region TTZ, hanya negara Georgia yang mempunyai akses ke laut hitam, negara ini secara langsung berbatasan dengan laut hitam yang berada di sebelah barat negara Georgia ini. Georgia merupakan negara pegunungan dengan lembah yang subur. Dengan kondisi politik yang komplit. Populasi negara ini kurang lebih mencapai 5,4 juta jiwa, dimana lebih dari 70% adalah orang georgia dan sisanya dalah orang keturunan Armenia sebanyak 8%, Keturunan Rusia sebanyak 6%, Azeris 6%, Ossetians 3%, dan Abkhazians sebanyak 2%.
Para warga Georgia menyebut negara mereka dengan sebutan Sakartvello, dimana sebutan ini mempunyai sejarah yang panjang. Tbilisi merupakan ibu kota selama 15 abad, dimana dimulai pada saat dijadikan sebagai inti dari masa kerajaan pada abad ke tiga belas. Namun setelah invasi oleh Mongol yang kemudian mengakhiri era kerajaan pada akhirnya menyudahi kota ini sebagai pusat pemerintahan. Kemudian, kaum kristiani georgia mengalami peperangan dalam perang dengan kaum islam dari Turky dan Persia. Akibat dari peperangan ini para warga Georgia menuju ke utara untuk bergabung dengan bangsa Rusia dan mencari perlindungan. Bersama dengan bangsa Rusia, mereka mencari pebuhan yang selalu hangat pada musiom dingin. Seperti yang lain, selepas dari kekaisaran Tsar di Rusia, para warga Georgia ini kemudian menuntut kemerdekaannya, namun Soviet baru melepas mereka pada tahun 1921 dan diproklamirkan menjadi Republik Sosialis Georgia Soviet pada tahun 1936. Josef Stalin salah satu diktator komunis merupakan keturunan Georgia.
Georgia memiliki pemandangan yang indah, iklim yang hangat, produksi pertanian yang beragam (khususnya teh), hutan yang kaya, logam mangan, dan produk lain. Komoditi utama dari Georgia adalah anggur, tembakau, dan buah jeruk yang sangat berpengaruh pada perekonomian negara ini.
• Armenia
Negara Armenia berada di selatan dari negara Georgia. Negara ini sering dilanda konflik antar etnis yaitu antara kaum kristiani dan muslim. Warga Armenia telah menganut kristen sejak 17 abad yang lalu, selama itu meraka selalu mempertahankan wilayah mereka dari dunia muslim. Negara Armenia pada akhirnya menjadi negara yang merdeka setelah runtuhnya kerajaan Soviet.
Kemerdekaan ini bukan berarti memberikan kelayakan secara perekonomian pada Armenia, sebab setelah merdeka negara ini semakin kacau dengan adanya konflik dengan Azerbaijan mengenai wilayah Nagomo-Karabakh. Perekonomian Armenia semakin terpuruk setelah splay minyak dan gas dari Rusia dihentikan. Sampai sekarang, armenia tidak mempunyai aset apapun.
Armenia mempunyai penduduk kurang lebih sekitar 4 juta jiwa, dimana sebagian besar adalah keturunan Armenia atau sekitar 90%. Sebenarnya dengan sumber daya alam yang kaya, seperti tanah yang subur dan kekayaan mineral, negara ini mempunyai potensi perekonomian yang besar. Ibukota dari negara ini adalah Yerevan, yang merupakan kota metropolis dengan populasi yang cukup besar dan langsung berbatasan dengan negara Turki. Armenia sering dilanda gempa bumi yang menimbulkan banyak korban jiwa.
• Azerbaijan
Negara ketiga yang berada di region Transcaucasian transition zone adalah negara Azerbaijan. Berbeda dengan kedua negara sebelumnya, negara Azerbaijan merupakan negara dimana penduduknya sebagian besar adalah kaum muslim. Sejarah umat islam di Azerbaijan sangat berhubungan erat dengan umat muslim di Iran, hal ini disebabkan oleh letaknya yang berbatasan langsung yaitu diaman negara Iran berada di sebelah selatan dari negara ini. Azerbaijan berbatasan dengan negara Armenia di sebelah barat dan Rusia di sebelah utara, sedangkan sebelah timur berbatasan langsung dengan Laut Kaspia.
Seperti yang telah dibahas pada pembahasan negara Armenia bahwa antara dua negara ini bersitegang mengenai wilayah Nagorno-Karabakh. Salah satu faktor yang menyebabkan adalah konflik perbedaan agama antar masyarakat di daerah ini. Perselisihan ini telah dimediasi oleh beberapa negara tetangga seperti Turki, namun permasalahan ini tidak pernah terselesaikan.
Sama halnya dengan negara pada region TTZ ini, Azerbaijan juga mempunyai kekayaan berupa minyak bumi, namun dalam pemanfaatannya untuk perekonomian negara masih terkendala banyak masalah, salah satunya adalah perselisihan dalam pengelolaan kekayaan ini dengan Rusia. Minyak bumi banyak terkandung di dasar laut Kaspia.

2 komentar:

Halaman