Sabtu, 09 Oktober 2010

Realm Rusia

Rusia merupakan negara yang terbesar di dunia, negara ini merupakan negara bekas dari Uni Soviet dan ahli waris terbesar dari Uni Soviet. negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya.
Rusia setelah runtuhnya Uni Soviet melakukan perubahan besar-besaran dari sistem politik hingga perekonomian juga dalam hal pembagian wilayah administrasi. Secara administrasi Rusia adalah sebuah federasi yang terdiri dari 88 subyek federal. Semua subyek federal sama statusnya namun kadar otonominya berbeda-beda. Semua memiliki 2 wakil di Dewan Federal Rusia. Pembagian administrasi Rusia adalah sebagai berikut:
- 22 republik (negara bagian) daerah ini merupakan daerah otonom dengan hak untuk keluar dari federasi, masing-masing memiliki konstitusi sendiri, presiden dan parlemen; diwakili oleh pemerintah federal dalam hubungan luar negeri; dan merupakan rumah dari etnis minoritas tertentu.
- 48 oblast (provinsi) paling umum, unit administratif biasa dengan gubernur yang dipilah secara federal dan "legislatur" yang dipilih secara lokal.
- 6 krai (wilayah) wialayh ini mirip dengan oblast namun biasanya lebih berada di perbatasan luar dan lebih jarang penduduknya.
- 1 oblast otonom.
- 10 distrik otonom, wilayah ini lebih otonom dari oblasts tetapi kurang dari republik; biasanya dengan etnik minoritas yang berjumlah besar atau mendominasi.
- 2 kota federal (negara kota) merupakan kota utama yang berfungsi sebagai wilayah terpisah.
Rusia terbagi dalam 21 negara bagian atau yang disebut republic, dimana republic tersebut dapat digolongkan menjadi 4 yaitu:
 Republics of the Heartland
Meliputi:
1. Republik Mordvinia
2. Republik Chuvash
3. Republik Mari
4. Republik Tatar
5. Republik Udmurt
6. Republik Bashkort
 Republics of the Caucasians Periphery
Meliputi :
1. Republik Dagestan
2. Republik Chechen
3. Republik Ingush
4. Republik Ossetia Utara
5. Republik Kabardino-Balkar
6. Republik Karachayevo-Cherkess
7. Republik Adygey
8. Republik Kalmyk
 Republics of the North
Meliputi :
1. Republik Karelian
2. Republik Komi
3. Republik Sakha
 Republics of the Southeast
Meliputi :
1. Republik Altaya
2. Republik Khakas
3. Republik Buryat
4. Republik Tuva
5. Republik Primorye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman