Sabtu, 25 September 2010

DEFINISI REALM PASIFIK

Realm Pasifik terletak di sebelah Barat benua Amerika dan disebelah Timur Lingkar Pasifik, merupakan perairan samudera Pasifik yang luas dan lebih luas dari jumlah seluruh daratan di dunia. Di wilayah Samudera ini terdapat puluhan ribu pulau, baik pulau-pulau yang besar ( Pulau New Guinea yang paling besar) dan pulau-pulau kecil (banyak pulau yang tidak berpenghuni). Secara keseluruhan luas daratan kepulauan ini sekitar 376.000 mil persegi atau sama dengan luas Texas ditambah dengan New Mexico dan 90 % nya meliputi Pulau New Guinea.
Bila dilihat pada peta memperlihatkan realm geografik Pasifik terdiri dari daratan dan perairan mendekati keseluruhan belahan bumi di dunia ini yang umumnya disebut “sea hemisphere”, di belahan perairan ini mempertemukan realm Rusia dan Realm Amerika Utara pada ujung Utara dan bergabung dengan Samudera Selatan di Selatan. Walaupun jumlahnya lebih besar perairannya, terpecah-pecah, realm dengan budaya yang kompleks yang memiliki indentitas sendiri-sendiri. Didalamnya meliputi Kepulauan Hawaii, Tahiti, Tonga, dan Samoa sebagaimana nama-nama ini dianggap dongengan bagi dunia luar.
Dalam istilah geografi politik dan budaya modern, Indonesia dan Filipina bukan bagian dari realm Pasifik, walaupun dalam system politik Indonesia memiliki wilayah di realm ini, demikian pula Australia dan New Zealand. Sebelum bangsa Eropa menyerbu dan menjajah, Australia dan New Zealand termasuk dalam Realm ini, karena penduduk Aborigin di Australia dan penduduk Maori di New Zealand adalah termasuk rumpun bangsa Polynesia.
Dipandang dari sudut geografi politik Realm Pasifik dibatasi oleh unit-unit persegi panjang ditandai dengan batas-batas maritime kelompok kepulauan. Pulau-pula di Pasifik merupakan koloni Perancis, Inggris dan Amerika. Kerajaan yang diperintah oleh penduduk asli di Kepulauan Hawai telah dicaplok oleh Amerika Serikat dan dijadikan sebagai Negara bagian ke 50. Didalam peta sekarang akan diketemukan negara-negara yang sudah merdeka dan masih menjadi koloni. New Caledonia dan Polynesia Perancis masih dibawah pengawasan Perancis, Guam dan Samoa Amerika, Pulau Line, Pulau Wake, Pulau Midway dan beberapa pulai kecil lain dibawah administrasi Amerika. Sebagai tambahan Amerika Serikat mempunyai hubungan timbale-balik secara khusus dengan wilayah-wilayah lain yang dulunya sebagai koloninya, sekarang menjadi Negara merdeka. Inggris melalui New Zealand mempunyai tanggung jawab bagi kelompok kepulauan Pitcairn, dan pegawai-pegawai administrative yang berkedudukan di New Zealand mengontrol pulau Cook, Tokelau dan Niue. Pulau dibagian Timur secara sejarahnya sebagai daratan di Pasifik Selatan merupakan bagian dari Chili.
Disisi lain gugusan pulau yang menjdi Negara-negara merdeka. Fiji adalah negara yang terbesar bekas kolononi Inggris, Kepulauan Solomon (bekas koloni Inggris) dan Vanuatu ( pemerintahannya dipegang secara bersama oleh Perancis dan Inggris. Juga terdapat negara microstate seperti Tuvalu, Kiribati, Nauru dan Palau. Bantuan asing mepunyai kedudukan yang krusial untuk mempertahankan kelangsungan negara-negara ini. Sebagai contohnya Tuvalu mempunyai luas daratan sebesar 10 mil persegi dengan jumlah penduduk 10.000 jiwa dan pendapatan perkapita GNP sekitar 600 dolar AS berasal dari perikanan, penjualan kopra dan pariwisata. Untuk mempertahankan kelangsungannya mendapat bantuan dari dana moneter internasional berasal dari Australia, New Zealand, Inggris, Jepang, dan Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman