Selasa, 21 Juni 2011

Kapasitas Transport Sedimen dalam Prediksi Erosi Model WEPP

Kapasitas transport sedimen merupakan kapasitas yang dimiliki aliran untuk mengangkut sedimen. Kapasitas transport sedimen sangat penting untuk diketahui, sehingga dapat ditentukan apakah beban sedimen yang ada melampaui kapasitas transport atau tidak. Hal ini dikarenakan perbandingan kedua nilai tersebut menentukan metode penghitungan laju erosi yang terjadi di bagian parit. Kapasitas transport sedimen itu sendiri dapat dihitung menggunakan rumus:
Tc = Kt.τf 1,5
Tc merupakan kapasitas transport sedimen (kg.dt-1.m-1), sedangkan Kt adalah koefisien angkut sedimen yang dapat dihitung dengan grafik Yalin (1963) (Russel, 2001), τf adalah tegangan geser (Pa) yang diperoleh dari hasil uji laboratorium sampel tanah.
Untuk menentukan besarnya koefisien angkutan yang akan dimasukkan ke dalam persamaan, terlebih dahulu harus diketahui besarnya nilai τf yang kemudian dihubungkan dengan persamaan Yalin (Russel, 2001). Adapun persamaan Yalin (Yalin equation) tersebut dapat dilihat pada gambar 3.1 berikut ini.
Gambar 3.1. Persamaan Yalin/Yalin equation (1963)

Sumber: G.H.Zhang, B.Y.Liu, X.C.Zhang (2008)
Dengan menghubungkan nilai tegangan geser (τf) dengan persamaan Yalin di atas, sehingga besarnya nilai koefisien transport angkutan dapat ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman