Kamis, 28 Juli 2011

GeoWEPP

GeoWEPP (Water Erosion Prediction Project) adalah suatu model penyesuaian proses, berdasarkan pada ilmu erosi dan hidrologi modern, dirancang untuk menggantikan USLE (Universal Soil Loss Equation) untuk pendugaan secara berkala erosi tanah dengan mengatur konservasi tanah dan air serta perencanaan dan penilaian lingkungan (Morgan, 1995 dalam Yupi 2008).
Menurut Laflen et al., 1991; Lane dan Nearing, 1989 dalam Troeh et al., 2004, GeoWEPP merupakan model buatan Amerika pertama yang dikembangkan untuk memprediksi erosi pada skala luas yang tidak didasari oleh teknologi USLE. WEPP merupakan model physical based yang didasari oleh proses dan simulasi harian. Sedangkan pengertian WEPP (Water Erosion Prediction Project) menurut Morgan dan Nearing adalah suatu model penyesuian proses, berdasarkan pada ilmu erosi dan hidrologi modern, dirancang untuk menggantikan USLE untuk pendugaan secara berkala erosi tanah dengan mengukur konservasi tanah dan air serta perencanaan dan penilaian lingkungan.
Hingga saat ini aplikasi GeoWEPP telah berkembang dengan pesat dan semakin baik. Release terbaru aplikasi GeoWEPP yang dikeluarkan kementrian pertanian Amerika Serikat (United States Department of Agriculutre) pada tahun 2010 merupakan yang terbaik menurut penulis. Di dalam aplikasi GeoWEPP tersebut semua elemen yang berpengaruh terhadap erosi diperhitungkan secara detail, mulai dari bentuk lereng, data iklim harian, bentuk pengelolaan tanaman dan lain sebagainya. Berikut ini adalah screenshot dari aplikasi GeoWEPP yang digunakan oleh penulis.



Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa GeoWEPP tidak sama dengan WEPP pada pendugaan laju erosi sebagaimana telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Meskipun keduanya sama-sama bertujuan memprediksi besarnya laju erosi, namun terdapat perbedaan yang cukup mendasar. Perbedaan tersebut adalah bahwa GeoWEPP menghasilkan simulasi prediksi laju erosi harian dengan menitik beratkan pada data-data sekunder dan pengoperasiannya sangat bergantung pada perangkat komputer, sedangkan WEPP menghasilkan analisis prediksi laju erosi sementara/harian yang input datanya diperoleh secara langsung dari lapangan dan perhitungannya dilakukan secara manual (tidak tergantung pada perangkat elektronik). Berdasarkan pengalaman penelitian yang pernah dilakukan penulis pada saat penyusunan skripsi, penulis berpendapat bahwa WEPP lebih merupakan model prediksi laju erosi secara empiris yang hasilnya mendekati erosi faktual yang sebenarnya terjadi di lapangan, sedangkan GeoWEPP lebih merupakan bentuk simulasi erosi terprediksi dengan bantuan perangkat dan ilmu pengetahuan teknologi informasi yang berkembang pada saat ini, tentunya dengan keakuratan yang sedikit berbeda.
Bagi rekan-rekan yang ingin mendonwload aplikasi GeoWEPP tersebut dapat diperoleh dari situs resminya di alamat berikut http://www.ars.usda.gov atau pada media peyimpanan 4shared di alamat berikut http://www.4shared.com.
Terima kasih atas perhatian pembaca, mohon maaf bila ada kesalahan..........
There is no ivory with no crack :))

5 komentar:

  1. terimakasih informasinya, punya panduan aplikasinya nga ? klo ada bs dishare ke kita. terimakasih kembali

    haura_rais@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Untuk panduan aplikasinya bisa diperoleh dari situs resminya dalam bahasa Inggris.

    BalasHapus
  3. Mas Ichwan,
    bisa memberi info siapa kira-kira yang bisa mengajari GEOWEPP? atau Mas Ichwan sendiri? Saya sedang mencari analis untuk data saya.
    Terima kasih banyak sebelumnya.


    phwijayati@gmail.com

    BalasHapus
  4. ini dulu penelitian saya waktu skripsi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas wahyu bisa gak saya minta tolong untuk kasih info ke saya mengenai geowepp. Karna saat ini saya sedang meneliti pakai geowepp mas.

      Hapus

Halaman