Selasa, 05 Januari 2010

Joint Score Index


Salah satu metode yang digunakan dalam evaluasi data yaitu Joint Score Index (Indeks Gabungan). Cara ini dilakukan agar perbedaan Ratio Sex, antara rasio umur penduduk laki – laki dan perempuan tidak begitu besar sehingga diharapkan jumlah penduduk pada umur tertentu tidak akan besar perbedaannya dengan jumlah penduduk pada umur berdekatan sehingga perbedaan ratio umur penduduk laki – laki maupun perempuan pada tiap – tiap golongan umur adalah kecil.
Data yang diperlukan dalam perhitungan Joint Score Indeks adalah distribusi penduduk menurut umur dan jenis kelamin dengan interval umur 5 tahun. Sedangkan tahap perhitungannya adalah sebagai berikut, menghitung Ratio Sex (RS), menghitung Ratio Umur Penduduk Laki-Laki maupun Perempuan (RUL/RUP), menghitung Indeks Ratio Sex (IRS), menghitung Indeks Ratio Umur Penduduk Laki-Laki maupun Perempuan, menghitung Indeks Gabungan. Mitode perhitungan yang dipakai adalah dengan menggunakan mitode kolom yaitu, kolom (1) merupakan distribusi umur dengan interval 5 tahun, kolom (2) jumlah penduduk laki-laki, kolom (3) jumlah penduduk perempuan, kolom (4) adalah resiko sex antara penduduk laki-laki dengan perempuan, kolom (5) merupakan selisih rasio sex dari umur yang berdekatan, kolom (6) adalah rasio umur penduduk laki-laki dengan umur yang berdekatan, kolom (7) merupakan selisih rasio umur dengan bilangan konstanta K yaitu 100, untuk penduduk laki-laki, kolom (8) adalah rasio umur penduduk perempuan dengan umur yang berdekatan, kolom (9) merupakan selisih rasio umur dengan bilangan konstanta K yaitu 100, untuk penduduk perempuan.
Kabupaten Pasuruan daerah Pedesaan dan pedesaan memiliki Joint Score Index (JSI) 32, 97. Ukuran JSI untuk Kab. Pasuruan daerah pedesaan tersebut termasuk jelek bagi perencaan pembangunan daerah setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman